Sertifikat ISO - Konsultan ISO

Share:

Mudahkah Proses Mendapatkan Sertifikat ISO Tanpa Bantuan dari Konsultan ISO ?

Sertifikat ISO - Konsultan ISO


Di dalam standar ISO sudah ada persyaratan yang telah di tetapkan agar saat mendapatkan sertifikat ISO dapat di raih dengan mudah yaitu harus memenuhi syarat - syarat standar yang berlaku. Agar dapat memenuhi persyaratan tersebut maka perusahaan harus bisa melakukan audit serta menilai sistem manajemen yang ada supaya bisa menyesuaikan prosedur dan proses yang ada. Apabila organisasi mempunyai pemahaman dan pengetahuan serta kemampuan memadai tentang sistem manajemen ISO maka proses ini bisa dilakukan secara mandiri. Secara umum biasanya saat penerapan di satu organisasi atau perusahaan dibutuhkan keahlian khusus agar mampu menilai secara objektif sistem manajemen ISO yang sudah berjalan hingga ketika mendapatkan bantuan dari konsultan ISO sangat berguna agar mampu menjadi observan di dalam implementasi sistem manajemen. Apabila perusahaan sudah sepakat dalam memenuhi syarat iso dan standar iso selanjutnya dapat memastikan seberapa comply persyaratan tersebut. Maka diperlukan suatu penilaian sistem yang sudah berjalan oleh Badan Sertifikasi ISO Independen. Pada saat audit dilakukan oleh badan sertifikasi ISO maka audit yang dilaksanakan harus menggunakan skema yang sama dengan internal auditor dan mengacu pada standar audit iso.

Badan Sertifikasi ISO merupakan badan independen yang dimana mereka mempunyai kemampuan mengaudit standar ISO dan tetap mengacu pada regulasi dari iso.org mereka juga mendapatkan pengawasan dari Badan Akreditasi yang dimana Badan akreditasi ini mempunyai peranan sebagai Lembaga yang terus menjaga agar Badan Sertifikasi yang mengeluarkan Sertifikasi ISO berjalan sesuai dengan peraturan. 

Berikut beberapa tahapan - tahapan yang dilakukan oleh organisasi/perusahaan agar mendapatkan Sertifikat ISO.


Implementasi

Seringkali perusahaan menyangka bahwa dalam penerapan atau implementasi Sistem akan merubah seluruh sistem yang ada dan sudah berjalan di perusahaan itu sendiri. Ini merupakan suatu kesalahan atau kekeliruan yang banyak dialami oleh organisasi dan perusahaan - perusahaan. karena pada dasarnya Sistem manajemen ISO ini hanyalah melakukan penyesuaian sistem dengan sistem perusahaan yang sudah berjalan. Perusahaan akan mendapatkan manfaat di dalam Standar ISO seperti membantu anda dalam mengoptimalkan Perusahaan dengan cara menemukan kelemahan dari sistem di organisasi agar dapat dilakukannya perbaikan perbaikan secara terus menerus. Poin penting yang harus dijalankan oleh organisasi/perusahaan dalam mengimplementasikan sistem manajemen iso ini adalah supaya dapat menilai seberapa jauh efektivitas Sistem ISO yang berjalan di organisasi. Ada sebagian organisasi yang mampu mengembangkan, mendevelop dan mengimplementasikan sistem ini secara mandiri tanpa adanya bantuan dari konsultan. Namun pada saat penerapan sistem ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan organisasi yang mengimplementasikan sistem dengan adanya bantuan dari konsultan.
Ketika ada satu organisasi sudah berkomitmen dan sudah bersedia mendapatkan bantuan dari konsultan ISO, maka organisasi tersebut harus mempersiapkan diri untuk terus terlibat di dalam proses implementasi sampai akhir. Di dalam penerepan sistem manajemen ISO ini bukanlah menjadi tanggung jawab konsultan akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama yaitu anda, konsultan serta seluruh pihak yang terlibat. Hal ini sangat penting dalam mendukung sistem manajemen ISO kearah yang lebih baik, bukan hanya saat ini akan tetapi di saat kedepannya nanti karena konsultan akan mengarahkan dan memberikan bimbingan yang akan membawa satu perubahaan di organisasi dari sistem manajemen yang telah diterapkan. Maka dari itu perlu kerja sama aktif agar di masa depan organisasi anda mampu merubah sistem ke arah yang lebih baik tanpa memerlukan lagi bantuan dari konsultan sehingga mampu menekan budget keuangan di perusahaan.


Sertifikasi ISO
Persiapkan organisasi dalam menghadapi proses sertifikasi ISO pada saat sudah atau telah mengimplementasikan Sistem Manajemen ISO karena akan banyak dokumen - dokumen terkait prosedur serta record kerja. Pastikan sekali lagi bahwasannya penerapan sistem telah di terapkan dan di implementasikan dengan sangat baik, serta yakinkan tim ketika saat proses audit organisasi akan lulus dengan mendapatkan penilaian yang baik serta temuan audit yang sedikit. 
Akan ada beberapa tahapan - tahapan yang akan di lalui dalam proses audit sertifikasi, berikut diantaranya :


Stage 1 (Audit Tahap 1)
Selama audit Tahap 1 berlangsung maka organisasi anda akan di beri penilaian dari sisi dokumen. Apakah dokumen sistem manajemen ISO anda sudah sesuai dengan persyaratan standar yang ada atau belum. Auditor akan melakukan pengecekan secara menyeluruh pada dokumen sistem manajemen yang ada di organisasi.
Selama audit Tahap 1 (stage 1) berlangsung auditor juga akan memberikan penilaian sejauh apa kesiapan anda untuk bisa masuk kedalam tahapan fase audit selanjutnya yaitu audit tahap 2 (stage 2).
Apabila audit tahap pertama sudah selesai maka akan di berikan ringkasan atau rincian hasil audit dari temuan - temuan yang di dapat agan bisa dilakukan perbaikan - perbaikan sebelum masuk ke tahapan selanjutnya yaitu audit tahap 2 (Stage 2)

Stage 2 (Audit tahap 2)
Stage 2 atau Audit tahap 2 ialah audit Sistem manajemen ISO yang lebih spesifik yaitu audit pada sistem yang di terapkan. Organisasi harus siap dan bisa memberikan record atau bukti nyata dari tiap - tiap aktifitas yang dijalankan oleh organisasi.

Audit Stage 1 dan Stage 2 dikenal juga sebagai permulaan audit atau audit awal. Audit Stage 1 harus bisa menunjukkan bahwa apakah sistem manajemen di organisasi anda siap untuk audit selanjutnya yaitu Stage 2. Jumlah audit pada Stage 1 dan Stage 2 bergantung pada aktifitas dari organisasi, banyaknya karyawan serta banyaknya perusahaan cabang. Kesimpulan dari hasil keseluruhan audit yang dilakukan akan memberikan rekomendasi bagi organisasi dalam kelulusan sertifikat iso yang sangat anda harapkan.

Kami perusahaan Jasa Sertifikasi ISO dan Jasa Konsultan ISO siap membantu perusahaan anda untuk mendapatkan sertifikasi ISO yang sesuai dengan standar dan prosedur ISO yang ada. Tahapan - tahapan proses sertifikasi ISO akan lebih mudah jika dibantu oleh Konsultan ISO berpengalaman yaitu Indonesia Quality.

No comments