Manfaat Sertifikasi ISO 14001 Bagi Perusahaan

Share:

Manfaat ISO 14001 Bagi Organisasi Dan Perusahaan

 

Tanjalippert - Perusahaan yang mempunyai rencana untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 merupakan sebuah organisasi yang perduli terhadap lingkungan dan ingin mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan. Di ISO 14001:2015 memberikan cara mengidentifikasi dan mengelola risiko lingkungan sehingga risiko terhadap pencemaran lingkungan sekitar dapat dikurangi dan melindungi lingkungan sekitar secara menyeluruh.

Pada saat menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 tahun 2015 ini ada beberapa organisasi dan perusahaan mengalami kendala, beberapa kendala yang dihadapi ialah : 
  • Manajemen kurang bersosialisasi terhadap sistem manajemen ISO 14001 sehingga menyebabkan para karyawan kurang mengerti dan memahami tentang ISO 14001
  • Top Manajemen kurang berkomitmen hingga motivasi karyawan dalam menjalankan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 berkurang. 
  • Kurangnya partisipasi dan kesadaran dari para karyawan terhadap lingkungan tidak bertambah, hal ini dikarenakan belum mengetahui manfaat penerapan sistem manajemen lingkungan ISO 14001. 
  • Kurangnya budaya pada sebuah organisasi pada saat mengelola lingkungan, biasanya ditandai dengan perilaku karyawan yang acuh terhadap pengelolaan lingkungan. 
Dari beberapa kendala tersebut maka perlu dipahami ada banyak manfaat dari sistem manajemen lingkungan ISO 14001 bagi yang menjalankan sistem tersebut, beberapa manfaat yang di dapat ialah :


Sesuai Dengan Peraturan 
Di ISO 14001:2015 wajib untuk mengidentifikasi peraturan perundang – undangan dan persyaratan lain di saat mengambil tindakan perbaikan. Dengan demikian dapat memastikan perusahaan telah mematuhi peraturan yang berlaku dan terhindar dari sanksi atau melanggar hukum yang berlaku.

Meningkatkan Image Positif Perusahaan 
Dengan mematuhi persyaratan lingkungan ISO 14001 dan perusahaan telah mengimplementasikan sistem ISO 14001 dan mengantongi sertifikat ISO 14001 bisa menjadikan perusahaan lebih menarik bagi para calon pelanggan, maka dari itu kesempatan mendapatkan pelanggan baru lebih terbuka lebar karena perusahaan bisa menjamin dan bisa mengatasi masalah berhentinya operasional akibat adanya insiden lingkungan. 

Menghemat Biaya Operasional 
Dengan menerapkan sistem manajemen ISO 14001 perusahaan diharapkan bisa mengidentifikasi aspek lingkungan, contohnya limbah. Perusahaan diharapkan mampu mengurangi limbah produksinya dengan demikian otomatis bisa meminimalisir biaya proses pengolahan limbah.

Operasional Jauh Lebih Efektif 
Prosedur yang ada di sistem manajemen ISO 14001:2015 ini bisa membantu perusahaan bekerja jauh lebih teratur dan lebih efektif dalam mengendalikan pencemaran lingkungan, efisiensi pemakaian sumber daya, mengevaluasi pengelolaan lingkungan dan meningkatkan komunikasi internal dan eksternal pada organisasi. 

Sumber Referensi :

No comments