Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan ISO

Share:

Manfaat Menggunakan Konsultan ISO

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan ISO


ISO merupakan standar internasional, dikutip dari Wikipedia Indonesia ISO adalah Organisasi Internasional untuk Standarisasi dalam bahasa Inggris disebut International Organization for Standardization, dan berbeda dalam bahasa Perancis disebut Organisation internationale de normalisation atau disingkat ISO. ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standarisasi nasional dari beberapa negara. Dikarenakan singkatan dari masing-masing bahasa berbeda (IOS dalam bahasa Inggris dan OIN dalam bahasa Perancis maka para pendirinya menggunakan singkatan ISO, diambil dari bahasa Yunani: isos yang berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.
ISO didirikan pada tanggal 23 Februari tahun 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standarisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kita kenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lain sebagainya.


Tugas Seorang Konsultan ISO
Tugas Seorang konsultan iso ialah harus bisa membimbing setiap organisasi/perusahaan agar berhasil mendapatkan dan meraih Sertifikasi dari Badan Sertifikasi ISO. Tidak hanya itu saja seorang Konsultan ISO harus mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana menerapkan poin - poin dalam Sistem Manajemen ISO hal ini sangat diperlukan untuk mencapai dan meraih lingkungan organisasi sesuai dengan standar internasional. 
Sebagai seorang Konsultan ISO dituntut harus bisa memediasi perbedaan yang terjadi antara bagian/departemen di organisasi/perusahaan tersebut sehingga bisa menciptakan lingkungan kerja yang selaras antar bagian dan departemen, dengan meminimalisir perselisihan maka penerapan Sistem Manajemen ISO bisa berjalan dengan sempurna.

Meskipun sudah mendapatkan Sertifikat ISO dari Jasa Sertifikasi ISO masih saja ada organisasi/perusahaan yang gagal dalam menerapkan Sistem Manajemen ISO karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan dari karyawan dalam menjalaninya serta tidak adanya komitmen dari atasan di organisasi/perusahaan tersebut.
Sebagai Seorang Konsultan tentu di tuntut untuk bisa mendevelop semua Sistem Manajemen ISO dalam penerapan di sebuah organisasi dan perusahaan. Jasa Konsultan ISO juga harus bisa memberikan sosialisasi, pelatihan dan training tentang penerapan Sistem Manajemen ISO kepada seluruh staf terkait agar bisa memahami tujuan dan maksud dari penerapan Sistem Manajemen ISO.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan ISO, semoga bermanfaat.

No comments