Manfaat Sertifikasi ISO 9001:2015 Bagi Organisasi

Share:

Manfaat Sertifikasi ISO 9001:2015 Bagi Perusahaan



Tanja Lippert Photography - Manfaat Sertifikasi ISO 9001:2015 bagi organisasi dapat meningkatkan citra positif perusahaan, fokus pada pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan serta fokus pada peningkatan yang berkelanjutan di sesuaikan dengan perkembangan serta kebutuhan organisasi. Proses penerapan sertifikasi ISO 9001:2015 secara efektif mewajibkan perusahaan fokus pada proses bisnis dan proses pemantauan serta pengukuran kinerja secara berkesinambungan.

Manfaat Sertifikasi ISO 9001:2015 Bagi Organisasi diantaranya adalah dapat meningkatkan produktivitas, dapat meningkatkan kinerja proses secara terus menerus, dapat meningkatkan efisiensi di organisasi, dapat meningkatkan efisiensi pada level operasional, kepercayaan pelanggan akan terus meningkat dan terjaga dengan baik, dapar meningkatkan bargainning power organisasi, pekerjaan ulang dapat diminimalkan, kinerja di review secara teratur dan fokus pada pencapaian target, Proses serta dokumentasi yang ditetapkan secara efektif menyebabkan pekerjaan dapat dilakukan secara konsisten, Variasi yang tidak memenuhi standar mutu dapat diminimalkan dan tingkat kesalahan dapat dihindarkan, Implementasi proses tindakan perbaikan dan pencegahan secara efektif menyebabkan solusi permanen terhadap permasalahan dapat diterapkan.

Manfaat Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 bagi Konsumen 

Agar manfaat sertifikasi iso 9001:2015 dapat di capai oleh konsumen maka produk dan jasa yang berkualitas harus sesuai dengan harapan dari konsumen dengan cara mengimplementasikan sistem manajemen mutu iso 9001:2015 akan meningkatkan kemampuan organisasi dan fokus pada pelanggan. Perusahaan akan berorientasi pada keberhasilan dalam pemenuhan harapan konsumen secara lebih efektif. Identifikasi harapan konsumen dapat dilakukan secara sistematis, serta digunakan masukan dalam sasaran dan proses bisnis ditingkatkan untuk mendukung sasaran tersebut.

Baca Juga : Manfaat Memiliki Sertifikat ISO 14001

Meningkatnya kepuasan pelanggan

Manfaat penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 bagi organisasi merupakan sarana bagi organisasi untuk menanamkan kepercayaan dan reputasi yang tinggi bagi pelanggan. Pengelolaan proses-proses sistem manajemen yang efektif melahirkan solusi dan inovasi. sebab kualitas tidak ditentukan oleh pelanggan, namun telah dikendalikan secara efektif oleh organisasi. Manfaat penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk organisasi telah mempersyaratan bagaimana keluhan pelanggan di tindaklanjuti secara efektif. Ketidak puasan pelanggan di masa mendatang selalu diupayakan agar bisa diminimalisir. 

Manfaat Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 bagi karyawan

Manfaat Sertifikasi ISO 9001:2015 bagi organisasi yang diperoleh dari implementasi akan memberikan dampak positif terhadap rasa memiliki dari karyawan terhadap perusahaan itu sendiri. Tumbuhnya minat pembelajaran bagi keberhasilan dalam bekerja , semua Prosedur terdokumentasi dengan baik dan terupdate, instruksi kerja yang jelas, alur kerja yang jelas memberikan kesempatan bagi karyawan baru untuk secara cepat beradaptasi dan karyawan lama, demikian halnya akan mampu meminimalkan kesalahan dalam bekerja.
Manfaat implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk karyawan ialah dapat meningkatkan kepuasan karyawan dalam bekerja karena proses bisnis akan berjalan sistematis dan akan membimbing karyawan bekerja secara sistematis. Tingkat stress karyawan yang diakibatkan oleh ketidakjelasan dengan tidak adanya sistem yang mendukung mereka bekerja dapat diminimalkan. Tugas dan tanggung jawab serta beban kerja karyawan akan terukur dan terpantau dengan jelas.

Sumber Referensi : 
https://www.iso.org/iso-9001-quality-management.html
https://id.wikipedia.org/wiki/ISO_9001
http://indonesia-quality.com/manfaat-sertifikasi-iso-9001-bagi-perusahaan.html

No comments